Makanan Sehat Untuk Anak Usia 3 Tahun atau Batita

Makanan Sehat Untuk Anak Usia 3 Tahun

Dalam memberikan makanan untuk anak usia baitita atau usia 3 tahun tidak bisa sembarangan, Pasalnta makanan adalah asupan terpenting dalam menentukan perkembangan serta pertumbuhan sang anak.  Apalagi anak yang berusia 1-3 tahun.  Memasuki usia 3 tahun merupakan masa dimana pola dan kebiasaan makan anak mulai terbentuk. Untuk itu sebagai orang tua harus mempersiapkan makanan anak 1-3 tahun dengan baik dan benar, sesuai dengan kebutuhannya.

Bingung makanan apa saja yang harus diberikan pada anak 1-3 tahun…?

Menginjak usia 1 tahun keatas anak-anak sudah seharusnya memperoleh asupan makanan pendamping ASI. Makanan pendamping ASI merupakan makanan yang dapat membantu memenuhi asupan nutrisi dan gizi untuk membantu tumbuh kembang anak.

Makanan Sehat Untuk Anak Usia 3 Tahun

Berikut kami rangkumkan untuk bunda beberapa makan sehat untuk anak usia 3 tahun, Mulai dari jenis makanan, porsi makanan dan jadwal makan untuk anak.

Jenis Makanan Sehat Untuk Anak Usia 3 Tahun

Jenis makanan sehat yang dapat bunda berikan untuk anak 3 tahun adalah jenis makanan yang tentunya mengandung nutirisi, gizi, dan zat penting yang dibutuhkan anak-anak. Dalam menu makan hariannya, semua bahan makanan harus ada. Mulai dari makanan pokok, lauk nabati, lauk hewani, hingga sayur dan buah-buahan.

Selain itu pastikan bunda memberikan makananan yang bertekstur lunak atau agak lunak, Agar pencernaan anak dapat mudah mencerna serta nutrisi dan gizi dapat cepat diserap oleh tubuh.

Porsi Makanan Sehat Untuk Anak Usia 3 Tahun

Kementiran kesehatan menyatakan bahwa angka kecukupan gizi anak harus seimbang. Rata-rata kebutuhan kalori anak 1-3 tahun adalah sekitar 1.125 kalori per hari. Jadi, dalam satu hari, Untuk itu bunda dapat membagi kebutuhan makan tersebut dengan porsi yang sesuai.

  • Makanan pokok.
    Makanan pokok merupakan makaan utama yang harus dikonsumsi setiap hari oleh anak-anak. Bunda dapat memberikan si kecil nasi, roti, bihun, kentang, atau mi dengan porsi sekitar 150 gram. Porsi ini setara dengan 2 porsi nasi orang dewasa atau sekitar 2 centong nasi.
  • Lauk hewani
    Lauk hewan memiliki banyak jenis, seperti daging sapi, daging ayam, telur, atau ikan. Dalam satu hari, Anda bisa memberikannya satu porsi lauk untuk satu kali waktu makan. Misalnya di pagi hari Anda memberikannya sebutir telur ayam, di siang hari daging sapi sebanyak 35 gram atau sepotong sedang, dan di sore hari sepotong sedang daging ayam yang setara dengan 40 gram.
  • Lauk nabati
    Lauk nabati sangat banyak seperti tempe, tahu, kacang kedelai, atau kacang merah. Bunda dapat memberikan lauk nabati satu porsi untuk satu kali makan. Satu porsi setara dengan 1 potong tahu ukuran besar.
  • Sayur dan buah-buahan.
    Untuk anak 1-3 tahun, porsi sayur dalam sehari adalah 1½ porsi atau sama dengan 1½ gelas belimbing dan buah-buahan sebanyak 3 porsi.
  • Camilan Sehat Untuk Anak
    Buatkanlah makanan selingan atau camilan untuk si kecil, Anda bisa membuat selingan dari campuran buah, sehingga rasanya lebih enak. Contoh camilan yang bisa Anda berikan yaitu puding, bubur kacang hijau, atau bahkan kue. Buah juga bisa Anda gunakan sebagai makanan selingan bagi si kecil.
  • Susu bisa Anda berikan satu kali dalam sehari sebagai pengganti ASI (bila si kecil sudah berusia lebih dari 2 tahun).

Jadwal Makan Untuk Anak Usia 3 Tahun

Mengatur jadwal makan anak usia batita atau usia 3 tahun sangat penting, Hal ini harus dibisakan. Agar anak selalu sehat dan tertanam pola makan yang teratur.  Berikut jadwal atau sekama waktu makan untuk anak usia 3 tahun.

  1. Pagi – 06.00: Minum ASI
  2. Pagi – 08.00: Makan Pagi Atau Sarapan
  3. Pagi – 10.00: Makanan Selingan atau Camilan Sehat
  4. Siang – 12.00: Makan Siang
  5. Siang – 14.00: Minum ASI
  6. Sore – 16.00: Makanan Selingan atau Camilan Sehat
  7. Malam – 18.00: Makan Malam
  8. Malam – 20.00: Minum ASI Sebelum Tidur