Cara Menjaga Kesehatan Bayi Agar Tidak Mudah Sakit

 

Cara Menjaga Kesehatan Bayi Agar Tidak Mudah Sakit

Cara menjaga bayi agar tidak mudah sakit memang susah-susah gampang, ada ibu yang sudah sangat menjaga bayinya dengan baik namun bayi masih mudah terkena penyakit terutama demam, flu, dan batuk. Kita sebagai orang tua pasti akan merasa khawatir jika bayinya mulai menimbulkan gejala-gejala sakit.

banyak hal yang membuat bayi muadah sakit, terutama di musim penghujan seperti saat ini. Flu dan batuk merupakan penyakit yang sering muncul saat musim penghujan tiba, oleh karna itu anda perlu mengetahui bagaimana cara menjaga bayi agar tidak mudah sakit. mencegah lebih baik daripada mengobati, maka langkah-langkah pencegahan perlu dilakukan dibandingkan harus mengobati.

Orang tua yang memiliki bayi yang sakit maka dia akan dengan mudah membawanya ke dokter. Dan dokter pun akan memberikan obat. Namun tahukah anda efek dari pemberian obat tersebut? Obat yang diberikan merupakan obat dengan zat kimia, pernahkah anda berfikir apakah obat kimia tersebut aman untuk bayi anda kedepannya? Oleh sebab itu anda harus mengetahui cara menjaga bayi agar tidak gampang sakit. Berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan bayi agar tidak mudah sakit.

  1. Menjaga Kebersihan

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah menjaga kebersihan dari buah hati anda. Kita sudah tahu bahwa kuman, virus, dan kotoran ada dimana-mana. Selain itu ketiga hal tersebut merupakan penyebab umum dari suatu penyakit. Sistem imun bayi belum sempurna sehingga bayi belum mampu melawan kuman, virus dan kotoran tersebut. Bayi memerlukan bantuan orang tuanya untuk menghindari sumber penyakit tersebut.

Bantuan yang bisa orang tua berikan adalah dengan menjaga dan memelihara kebersihan bayi, baik itu tubuhnya, tangan, makanannya, dan juga lingkungan tempat ia tinggal. Bayi juga perlu diperhatikan kebersihan tangannya, pakaian dan juga giginya. Jangan sampai bayi banyak kumannya. Jika banyak kuman menempel di tubuh bayi akibatnya adalah kukan tersebut akan mudah masuk ke dalam tubuh dan menyerang sistem imun bayi tersebut.

  1. Mengawasi Bayi

Untuk menjaga dan melindungi bayi agar tidak gampang sakit adalah dengan mengawasinya. Terutama bayi yang sudah bisa merangkak dan juga berjalan. Hal ini dikarenakan bayi yang merangkak dan berjalan ketika menemukan sesuatu dia akan mudah memasukan sesuatu tersebut ke dalam tubuhnya. Yang jadi masalah kini adalah jika sesuatu yang dimasukan ke dalam mulutnya tersebut penuh kuman maka kuman bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh bayi dan menginfeksi tubuh bayi apalagi jika daya tahan tubuh bayi sedang lemah atau tidak stabil. Bayi juga akan mudah sakit dan terkena infeksi.

  1. Memenuhi Cairan Yang Dibutuhkan Bayi

Cara ketiga yang bisa dilakukan oleh anda adalah dengan memenuhi cairan yang selama ini menjadi kebutuhan bayi. Tubuh manusia baik bayi sampai orang dewasapun membutuhkan cairan. Cairan ini perfungsi untuk menjaga proses yang terjadi di dalam tubuh, contohnya saja adalah proses pencernaan, proses metabolism, dan juga proses sirkulasi peredaran darah yang ada di dalam tubuh. Semua proses itu membutuhkan cairan yang cukup.  Jika jumlah cairan tidak terpenuhi maka proses tersebut tidak berjalan secara maksimal.

Efek jika tubuh kekurangan cairan adalah dehidrasi. Dehidrasi tidak boleh disepelekan, sebab orang yang mengalami dehidrasi akan mengalami pusing, lemas dan juga tidak bertenaga sebab peredaraan darah dan juga oksigen yang ada di dalam tubuh tidak lancar. Kurangnya cairan di dalam tubuh juga menjadi penyebab tubuh terkena penyakit terutama pada bayi. Oleh sebab itu cukupi  asupan cairan si kecil dengan yang dia butuhkan setiap harinya.

  1. Menjaga Pola Maka

Cara Menjaga Kesehatan Bayi Agar Tidak Mudah Sakit

Untuk menghindari bayi dari berbagai macam penyakit adalah dengan menjaga pola makan bayi. Pola makan bayi harus teratur dan juga bergizi. Makanan yang bergizi bisa meningkatkan sistem imun bayi agar tidak mudah terkena penyakit. Pola makan bayi juga harus teratur jangan sampai bayi mengalami masalah lambung dan masalah pencernaan akibat pola makan yang tidak teratur.

  1. Madu

Jika bayi sudah berumur lebih dari satu tahun tidak ada salahnya anda memberikan madu untuk menjaga imun tubuh bayi, atau memberikan vitamin untuk anak 1 tahun yang bagus. Selama ini madu bisa digunakan sebagai penguat stamina dan penjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap stabil. Mengkonsumi madu setiap hari bisa membuat bayi tidak mudah terkena penyakit. Hal itu dikarenakan di dalam madu asli terdapat zat antivirus dan juga anti kuman.

  1. Serat

Untuk menjaga kesehatan bayi dan menghindarkan bayi dari sembelit anda harus memberikan serat kepada bayi. Memang untuk bayi di bawah usia dua tahun serat justru bisa membuat bayi sehat dan terhindar dari sembelit. Makanan yang tinggi serat itu ada pada sayuran dan juga buah-buahan. Sayur dan buah-buahan yang kaya dengan vitamin C bisa bisa meningkatkan sistem imun pada bayi. Sehingga makanan yang tinggi serat itu bisa menghindarkan dari sembelit dan membuat sistem imun tubuh menjadi kuat.

  1. Istirahat Siang

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan membiasakan bayi anda untuk tidur siang. Tidur siang bermanfaat bagi bayi anda sebab menghindarkan dari kelelahan, saat kelelahan bayi akan sangat rentan terkena penyakit sebab tubuh yang lelah sistem imunnya tidak stabil. Tidur siang juga dapat menjaga stamina bayi agar sistem imunnya tetap stabil.

  1. Imunitas

Cara efektif untuk menghindaari bayi dari berbagai penyakit tertentu adalah imunitas. Imunitas bermanfaat sebagai vaksin bagi tubuh untuk menghindari penyakit seperti polio, campak dan lain sebagainya. Selama ini ada sebanyak 5 imunisasi dasar yang wajib dilakukan oleh bayi, sedangkan untuk selain 5 imunisasi dasar tersebut belum diwajibkan.

  1. Hindari Asap Rokok Dan Polusi

Untuk menjaga bayi agar tidak mudah sakit adalah dengan menjauhkan bayi dari asap rokok dan polusi udara. Bayi yang sering terkena asap rokok dan juga terkena polusi udara rentan untuk menderita penyakit saluran pernafasan seperti asma.

  1. Asi

Asi adalah satu satunya makanan untuk bayi di bawah 6 bulan dan dilanjutkan sampai 2 tahun yang memiliki gizi sempurna untuk bayi. ASI merupakan makanan yang dapat membuatnya kebal serta kuat terhindar dari penyakit karena mengandung berbagai antioksidan serta mineral penting untuk bayi hingga mereka anak anak nantinya.

Jika anak anda tidak ingin terserang penyakit, sebaiknya anda melakukan cara menjaga kesehatan bayi agar tidak mudah sakit. Anda juga disarankan untuk memberi bayi anda vitamin jika usia bayi sudah menginjak satu tahun. Anda juga bisa tau bagai mana tips menjaga kesehatan anak saat musim hujan. Demikian pembahasan tentang cara menjaga kesehatan bayi agar tidak mudah sakit. Semoga Bermanfaat.